Beranda Lowongan Umum Contoh Soal General Aptitude Test (GAT) PLN

Contoh Soal General Aptitude Test (GAT) PLN

4248
0

Contoh Soal General Aptitude Test (GAT) PLN – Sebelum mendownload terlebih dahulu anda harus mengetahui apaitu GAT ? Gat adalah singkatan dari General Aptitude Tes. Salah satu fungsi dari GAT adalah untuk melakukan penyaringan terhadap calon peserta tes masuk PLN yang dilakukan oleh panitia seleksi penerimaan PLN agar anda bisa lulus tes ini tentunya harus mengetahui soal dan jawaban tes gat pln.

Untuk itu PT PLN selalu melakukan rekrutmen untuk itu anda diwajibkan mengikuti tahapan seleksi diantaranya tes tertulis dan tahapan seleksi lainya. Proses seleksi masuk pegawai PT PLN (Persero) selalu melalui beberapa tahapan seleksi antara lain:

  1. Proses Seleksi Berkas Administrasi.
  2. Ujian/ Tes General Aptitude test (GAT).
  3. Ujian/Tes Akademis dan Bahasa Inggris.
  4. Ujian /Tes Psikologi dan Diskusi Kelompok.
  5. Tes Kesehatan.
  6. Wawancara.

Contoh Soal General Aptitude Test (GAT) PLN

Pada tahapan Ujian/ Tes General Aptitude test (GAT) peserta perlu kosentrasi penuh karena dalam soal-soal tes gat dibagi menjadi 9 (sembilan) untuk itu dlam menghadapi tes ini diperlukan konsentrasi penuh agar dapat mengerjakannya dalam waktu singkat, 9 (Sembilan) bagian dari test GAT PT.PLN (Persero) antara lain :

Tes Pengetahuan Umum (20 Soal)
TPU ini hanya menguji pengetahuan peserta secara umum / general, untuk menjawab soal TPU maka anda harus memiliki memiliki pengalaman yang banyak tentang sesuatu.

Tes Kesamaan Kata (20 Soal)
Pada tes ini menuntut peserta untuk mengenal 5 jenis kata yang disediakan, kemudian tentukan 1 kata yang berbeda atau tidak sama  dengan ke-4 kata yang lain.

Tes Hubungan Kata (20 soal)
Pada tes ini ditentukan tiga kata. Antara kata pertama dan kata kedua memiliki suatu hubungan tertentu. Antara kata ketiga dan salah satu kata di antara kelima kata pilihan, harus pula terdapat hubungan yang sama

Tes Pengertian Kata (20 soal)
Pada tes ini ditentukan  dua  kata.  Carilah  satu  perkataan  yang  meliputi  pengertian  kedua  kata yang sudah di tentukan.

Tes Aritmatika (20 soal)
Pada tes ini anda diminta untuk mengerjakan soal hitungan dan bentuk cerita.

Tes Deret Angka (20 soal)
Pada test berikut akan diberikan deret angka. Setiap deret tersusun menurut suatu pola tertentu dan dapat dilanjutkan menurut pola tersebut. Carilah angka berikutnya untuk setiap deret, dan tulis jawaban saudara pada kotak yang telah disediakan.

Tes Potongan Gambar (20 soal)
Pada bagian ini, setiap soal memperlihatkan sesuatu bentuk tertentu yang terpotong menjadi beberapa bagian. Carilah diantara bentuk-bentuk yang terdapat dalam pilihan (a, b, c, d, e), suatu bentuk yang dapat dibangun dengan cara menyusun potongan-potongan yang terdapat dalam soal.

Tes Kemampuan Ruang (20 Soal)
Terdapat sebuah kubus dengan tanda yang terlihat pada ketiga sisi nya. Kubus tersebut dapat diputar, dapat digulingkan atau dapat diputar dan digulingkan dalam pikiran saudara. Carilah 1 (satu) dari 5 (lima) pilihan kubus yang memiliki tanda yang sama dengan kubus yang terdapat pada soal.

Tes menghafal Cepat (20 Soal)
Pada bagian ini Anda akan diberikan secarik kertas mengenai kata-kata yang perlu saudara hafalkan dalam waktu 3 menit. Setelah 3 menit, kertas tersebut akan diambil kembali oleh pengawas

Kitab Rahasia Lulus TNI & POLRI
Kitab ini akan menjadi bekal berharga bagi Anda yang akan menempuh berbagai macam psikotes, baik dalam tes TNI-POLRI.
Dapatkan Sekarang